Sabtu, 31 Mei 2008

PMI CABANG JAKARTA PUSAT GELAR MUKERCAB DAN PELANTIKAN PENGURUS CABANG PERIODE 2008-2013

PMI JP. Dengan mengusung thema Back to Basic, sebagai komitmen insan PMI dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan tanggap darurat bencana”, PMI Cabang Jakarta Pusat (27/5/2008) menggelar Musyawarah Kerja Cabang Tahun 2008 dan Pelantikan Pengurus Cabang periode Tahun 2008-2013, bertempat di Aula Markas Daerah PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya No. 47. Peserta Mukercab sebanyak 73 orang terdiri dari seluruh Pengurus PMI Cabang dan Pengurus Ranting 8 Kecamatan se-Jakarta Pusat. Mukercab digelar untuk menggolkan rancangan program yang telah disusun Pengurus Cabang, yang sebagian (periode bulan Januari s/d Mei 2008) telah dilaksanakan.

DSCF0021A1Pengurus Cabang PMI Jakarta Pusat periode tahun 2008-2013, dilantik oleh Ketua PMI DKI Jakarta, Hj. Rini Sutiyoso, dengan susunan ; H. Soewardi Sulaiman (Ketua), Supandi, SH (Wakil Ketua Bidang Oraganisasi & Hubungan Antar Lembaga), Natsir Sabara, SE, Msi (Wakil Ketua Bidang Dana), Mulyadi Guntur Aritonang, SH (Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana & Sosial), Agustiar Caya (Wakil Ketua Bidang SDM & Humas), Drs.H.Maman Abdurrahman (Wakil ketua Bidang Pelayanan Kesehatan), A.Djuanda Sunarya, S.Ip. (Sekretaris), Drs.Abdul Aziz S.,MM (Wakil Sekretaris), Drs.H.Djoko Susetyo, ST (Bendahara), Ade Riswanto, SPd,MM (Anggota) dan Dr. Tri Agus Yuarsa, M.Kes (Anggota).

DSCF0036Ketua Pengurus Cabang PMI Jakarta Pusat, H.Soewardi Sulaiman, dalam sambutannya menyatakan bahwa, lima (5) tahun terakhir PMI Cabang Jakarta Pusat terus meningkatkan kualitas ketrampilan SDM dan sarana penunjang kesiapsiagaan bencana dengan modernisasi alat-alat dapur. Menunjang program Pemerintah dalam penghematan BBM, khususnya minyak tanah, PMI Cabang Jakarta Pusat menargetkan bebas minyak tanah dalam operasional dapur umum hingga tahun 2009. Sejak Tahun 2005, PMI Cabang Jakarta Pusat telah membentuk SATGANA yang dikhususkan untuk penanggulangan bencana dengan SDM sebanyak 2 dokter, 6 perawat dan 14 KSR. Dalam hal SDM, beliau juga menyatakan akan memenuhi amanah Walikota Jakarta Pusat dalam Muscab yang lalu, untuk merekrut 21.000 anggota PMR, dengan membentuk “Education Center” dan kerja sama lintas sektoral. Dilaporkan pula bahwa PMI Cabang Jakarta Pusat menjadi project officer dalam perayaan HUT Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia ke 145 (8 Mei 2008), yang digelar di RW. 03 Keluarahan Petamburan, dengan kegiatan berupa gerakan kebersihan yang melibatkan PMR, Relawan dan masyarakat, pembuatan 10 sumur biopori, pemberian 10 unit tong sampah, 540 bibit pohon produktif, pelindung dan tanaman pot, pelayanan kesehatan gratis kepada 425 orang sakit, pemeriksaan golongan darah bagi 250 orang, pemberian 1000 paket hygiene kit dan 100 paket Baby Kit.

DSCF0050Ketua PMI DKI Jakarta, Hj. Rini Sutiyoso, menyatakan bahwa dengan telah terbentuknya Kepengurusan yang baru, PMI Cabang Jakarta Pusat diharapkan lebih meningkat dan efektif. Hasil yang baik harus dipertahankan dan ditingkatkan. Ditekankan bahwa PMI Cabang Jakarta Pusat harus terus mengupayakan untuk mempunyai gedung yang representatif, karena gedung yang sekarang kurang layak. Mukercab mampu menjabarkan program Pengurus Daerah. Tidak perlu muluk-muluk, yang penting manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Prioritas program hendaknya ditekankan kepada penanggulangan bencana, pembinaan PMR dan Relawan serta sosial masyarakat. Pelayanan yang cepat, tepat dan terkoordinasi dijadikan warna program Cabang yang dapat dirasakan masyarakat, sehingga PMI mendapat dukungan masyarakat. Peningkatan hasil Bulan Dana dari tahun ke tahun harus digunakan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, Penanggulangan Bencana, pemasyarakatan PMI serta pembinaan PMR dan Relawan.

DSCF0054Walikota Jakarta Pusat, Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, MSI, membuka secara resmi Mukercab PMI Jakarta Pusat, dan menyampaikan selamat kepada Pengurus Cabang Jakarta Pusat yang baru. Didalam sambutannya dikatakan bahwa sesuai dengan thema yang diusung “Back to Basic, sebagai komitmen insan PMI dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan tanggap darurat bencana” harus direalisasikan kedalam wujud yang nyata dan benar-benar dapat dirasakan manfatnya oleh masyarakat yang telah menopang tumbuh kembangnya PMI terutama dalam segi pendanaan. PMI harus meningkatkan kinerjanya didalam kesiap siagaan dan penanganan berbagai permasalahan kemanusiaan, baik yang berkaitan dengan kesejahteraan, kesehatan, social dan terutama penanganan bencana. Terlebih diera perubahan iklim global yang berdampak buruk seperti meningkatnya volume bencana dan mewabahnya berbagai macam penyakit. Walikota juga berharap bahwa Pengurus PMI Cabang Jakarta Pusat periode 2008-2013, dapat mewujudkan gedung PMI Cabang yang definitive dan representative. Program yang disusun tidak perlu muluk-muluk namun dapat dilaksanakan. Banyak contoh-contoh yang dapat diambil untuk melaksanakan program dengan efektif. Contoh-contoh yang baik juga bisa jadi stimulant untuk mengefektifkan PMI Ranting Kecamatan. Beliau juga menyatakan salut kepada PMI Cabang Jakarta Pusat yang turut melibatkan ambulansnya dalam penanganan krisis yang dialami tokoh nasional “Sophan Sophian” yang mengalami kecelakaan dalam kegiatannya, dan keikutsertaan PMI dalam program Pemerintah seperti pembuatan lubang biopori. Walikota Jakarta Pusat siap membantu PMI dan mempersilahkan PMI untuk menggunakan Kantor Walikota Jakarta Pusat untuk pembinaan PMR dan relawan serta kegiatan lainnya.

Musyawarah Kerja Cabang PMI Jakarta Pusat yang berlangsung sehari penuh, berhasil menggolkan program-program yang diajukan dengan beberapa catatan. Pemberdayaan dan rekruitmen SDM ditingkat Ranting agar menjadi prioritas dan dapat secepatnya direalisasikan agar Ranting bisa secepatnya melaksanakan tugas-tugas penanggulangan bencana sebagaimana yang diharapkan Walikota.

Tidak ada komentar: