Jumat, 30 Mei 2008

Hari Palang Merah Ke 145 Membersihkan tamburan

Memperingati Hari Palang Merah Se Dunia yang ke 145, yang jatuh pada tanggal 8 Mei, PMI Pusat bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta dan Cabang 5 wilayah melakukan gerakan bersih lingkungan di lingkungan rawan bencana banjir di RW 03 Kelurahan Petamburan, kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, karena di nilai sebagai wilayah berpotensi banjir tinggi beberapa waktu yang lalu. Kegiatan hari palang merah sedunia tahun ini bertema kan “Mari Lakukan Adaptasi Perubahan Iklim”.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB dibuka dengan statmen oleh Ketua Pengurus PMI DKI Jakarta, Sekretaris Daerah Bpk Muhayat dan perwakilan dari Federasi miss Amara, kini kita mendapatkan tantangan yang berat yaitu perubahan iklim, dan dengan bermitra antara PMI dan Masyarakat kita dapat mengurangi dampak tersebut, seperti yang kita lakukan sekarang ini, yaitu melakukan sebuah hal kecil tapi bermakna, yaitu dengan membersihkan lingkungan tempat tinggal kita” kata perwakilan dari federasi miss Amara.

Kegiatan

Gerakan bersih lingkungan meliputi berbagai kegiatan, yaitu :

1. Bersih Lingkungan

Bersih lingkungan dipusatkan di lokasi umum dan pemukiman warga. Sebanyak 10 tim masing-masingkerja_bakti beranggotakan 25 orang yang terdiri dari Palang Merah Remaja (PMR), relawan PMI dan warga masyarakat sekitar yang disebar di berbagai titik wilayah di masuk dalam kategori kotor dan banyak tumpukan sampah. Pada kegiatan tersebut dilakukan juga penempatan 10 unit tempat sampah organik dan non organik di sekitar halaman balai warga.

2. Penanaman Pohon

PMI dan warga masyarakat melakukan penanaman 400 bibit pohon dan 25 bibit untuk ditanam di pot dan pemukuman warga, diharapkan dengan pembagian bibit tanaman, warga dapat secara stimulan memulai budaya Penghijauan.

3. Pelayanan Pengobatan Gratis

Pelayanan Pengobatan Gratis melibatkan dokter dari PMI Pusat, PMI UTDP, PMI DKI Jakarta, PMI Cabang Jakarta Pusat dan Dokter Puskesmas setempat pelayanan pengobatan gratis kali ini menargetkan 500 – 800 warga yang dipusatkan dikantor Kelurahan Petamburan.

4. Pemeriksaan Golongan Darah

Dengan Sumber Daya manusia dari UTD PMI DKI Jakarta sebanyak 5 orang dan menargetkan 250 calon donor darah dari warga RW 03 Petamburan, kegiatan ini dilakukan mendukung kegiatan Donor Darah Siaga yang merupakan program dari PKK sebagai wujud kewaspadaan masyarakat terkait dengan kebutuhan darah yang terkadang terjadi secara tiba-tiba.

5. Distribusi Peralatan Kesehatan (Hygien Kit0 dan Peralatan Bayi (Baby Kit)

Sebanyak 1000 hygient kit dan 100 baby kit didistribusikan bagi warga yang membutuhkan, kegiatan ini melibatkan relawan dari 5 wilayah untuk mendistribusikannya.

Semoga dengan Perayaan hari Palangmerah Se Dunia yang dirayakan dengan berbagai kegiatan mendapatkan tempat dihati masyarakat, sehingga kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin dan dapat di contoh oleh masyarakat di indonesia khususnya dan Dunia pada umumnya.

Selamat Hari Palang Merah Se Dunia, dan sekali lagi "Mari Lakukan Adaptasi Perubahan Iklim (hr/08)

Tidak ada komentar: